6 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Blog Ucon - 6 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang. Penyakit gusi adalah apa yang Anda dapatkan ketika Anda membuang kebersihan mulut di luar jendela. Rongga bukanlah satu-satunya potensi dampak buruk dari kebersihan gigi yang buruk. Penyakit gusi adalah pengalaman menyakitkan lain yang banyak bahkan gagal terhubung dengan kurangnya perawatan mulut yang tepat.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang, Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dengan Cepat,

Jika Anda merasa bahwa gusi Anda telah melewati tahap dirawat dengan rejim oral sederhana, maka Anda perlu mengobati penyakit gusi dengan pengobatan rumahan.Memang Biasa terjadi Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang. Penyakit gusi hanyalah sebuah infeksi pada gusi yang bisa ringan (gingivitis) atau berat (periodontitis).

6 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Di google ada banyak sekali Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang, saya pun tertarik untuk ikut membuat artikel ini.

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dengan Cepat

 Berikut ini enam cara untuk mengobati penyakit gusi dengan pengobatan rumahan:

1. Menggunakan Minyak Pulling

Minyak Pulling adalah cara yang mudah dan alami untuk meningkatkan kesehatan mulut tanpa efek samping. Ini hanyalah proses di mana Anda menghirup minyak di sekitar mulut Anda untuk menghilangkan bakteri, terakumulasi dalam plak dan karang gigi yang menyebabkan penyakit gusi.

Bakteri dikelilingi oleh membran lemak berlemak, yang melekat pada minyak. Ketika Anda mengolah minyak di mulut Anda, minyak menarik bakteri yang bersembunyi di bawah celah-celah gusi dan gigi.

Ini sangat bermanfaat untuk penyakit gusi, karena ada lebih banyak tempat bagi bakteri untuk berakumulasi dan bersembunyi. Anda dapat menggunakan minyak wijen, kelapa, atau bunga matahari untuk obat ini. Minyak wijen dianggap sangat efektif dalam mengurangi luka gingiva.

Penarikan minyak juga dan dikatakan sebagai penangkal mabuk juga.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang 1

Proses penarikan minyak sangat sederhana.
  • Ambil sedikit wijen organik atau minyak kelapa di mulut Anda.
  • Kibaskan di sekitar mulut Anda, dorong dan tarik di antara gigi Anda, selama sekitar 20 menit.
  • Buang minyak keluar di tempat sampah.
  • Pemula harus mulai dengan beberapa sesi dari 2 hingga 5 menit minyak menarik. Secara bertahap, lanjutkan ke sesi yang lebih sedikit dengan durasi yang lebih besar saat Anda menjadi akrab.
  • Jika Anda tidak dapat menahan minyak dalam mulut Anda lama, maka kemungkinan besar Anda sudah mulai dengan jumlah besar. Keluarkan minyaknya dan coba lagi dengan sedikit minyak.
  • Lakukan ini sekali sehari selama 1 hingga 2 minggu.

Penyebab, Gejala dan Pencegahan Gusi Bengkak

2. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah cairan antiseptik yang disetujui secara medis yang dapat membasmi bakteri jahat di mulut Anda dan membantu Anda memulihkan kesehatan gusi Anda.

Umumnya digunakan untuk mendesinfeksi luka dan luka, hidrogen peroksida dapat digunakan dengan aman sebagai obat kumur untuk mengobati penyakit gusi. Selalu gunakan 3% hidrogen peroksida yang diencerkan dengan air sebagai pembilas oral. Hidrogen peroksida juga akan memutihkan gigi Anda dari waktu ke waktu.

Catatan: Peroksida hidrogen murni dapat mengiritasi mulut.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang 2

Encerkan hidrogen peroksida & gunakan sebagai obat kumur
  • Tuang 1/2 gelas hidrogen peroksida ke dalam 1/2 gelas air.
  • Celupkan 1 ons larutan dan desiskan di sekitar mulut Anda selama 5 hingga 10 detik.
  • Bilas mulut Anda dengan air.
  • Lakukan ini setiap malam, setelah Anda selesai dengan makanan Anda untuk hari itu, sebaiknya sebelum tidur. Anda harus memperhatikan peningkatan yang berarti hanya dalam 2 atau 3 minggu.

3. Menggunakan Baking Soda

Soda kue tidak hanya berguna dalam memutihkan gigi tetapi juga dapat membantu mendapatkan penyakit gusi. Bakteri berbahaya yang bertanggung jawab atas penyakit gusi sering berkembang dalam lingkungan asam.

Soda kue membantu membentuk keseimbangan pH yang tepat di mulut, mempromosikan flora alami. Ini mempromosikan alkalinitas di mulut yang membuat lingkungan tidak ramah bagi bakteri berbahaya dan mendukung bakteri menguntungkan.

Obat kumur baking soda ini juga mengandung minyak esensial untuk membantu peradangan dan mempercepat penyembuhan. Minyak cengkeh sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Madu meningkatkan rasa dan membuat obat kumur lebih enak.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang 3

Siapkan bahan-bahan dibawah ini:
  • Air panas yang disaring - 1 gelas
  • Madu (menambah rasa) - 1 sendok teh
  • Soda kue (saldo tingkat pH) - 1 sendok teh
  • Minyak esensial cengkeh (antibakteri dan agen anti-inflamasi) - 1 atau 2 tetes
  • Minyak esensial peppermint (antibakteri dan agen anti-inflamasi) - 4 atau 5 tetes
  • Minyak esensial tea tree (antibakteri dan agen anti-inflamasi) - 4 atau 5 tetes

Langkah 1. Larutkan soda kue ke dalam air
  • Masukkan 1 sendok teh soda kue ke dalam 1 cangkir air panas yang disaring.
  • Aduk rata dengan sendok untuk melarutkan baking soda sepenuhnya.

Langkah 2. Tambahkan madu dan minyak esensial
  • Tambahkan 1 sendok teh madu ke larutan soda kue.
  • Tambahkan 4 atau 5 tetes setiap pohon teh dan minyak esensial peppermint ke dalam larutan.
  • Tambahkan 1 atau 2 tetes minyak esensial cengkeh juga.

Langkah 3. Campur dan gunakan larutan sebagai obat kumur
  • Campur bahan dengan sendok.
  • Tuangkan isinya ke dalam botol kedap udara untuk penyimpanan atau gunakan segera sebagai obat kumur. Obat kumur ini harus disimpan dengan baik selama 1 minggu di bawah pendingin.
  • Ambil 4 atau 5 sendok teh larutan ke dalam mulut Anda dan desas selama 30 detik.
  • Ludahkan di wastafel dan bilas mulut Anda dengan banyak air.
  • Kocok dengan baik sebelum digunakan.
  • Lanjutkan dengan obat selama sekitar 3 minggu untuk melihat peningkatan dalam keadaan gusi Anda.

4. Menggunakan Vitamin C

Jika Anda mengikuti rutinitas perawatan mulut yang layak, penyebab penyakit gusi Anda mungkin kekurangan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan, penyembuhan, dan perbaikan jaringan ikat.

Vitamin C membantu produksi kolagen yang merupakan lapisan gusi dan memungkinkan gusi untuk menempel pada gigi dan gigi pada tulang rahang.

Vitamin C membantu memulihkan kesehatan gusi dan lapisan gusi, terlepas dari bakteri berbahaya (mungkin ada) di dalam mulut. Asupan vitamin C bisa mengurangi rasa sakit akibat pendarahan gusi dan gigi yang lepas.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang 4

Tubuh manusia tidak mensintesis vitamin C, dan karena ia adalah molekul yang larut dalam air, ia dilewatkan melalui urin dan tubuh Anda tidak dapat menyimpannya. Akibatnya, Anda perlu mengikuti asupan harian vitamin C melalui makanan dan suplemen diet.
  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang kaya vitamin C seperti kale, kubis Brussel, brokoli, paprika merah, kentang, jambu biji, pepaya, blewah, dan cranberry.
  • Jangan mengonsumsi buah jeruk ketika mencoba meningkatkan asupan vitamin C melalui makanan karena asam sitrat dapat memperburuk kondisi mulut Anda dan menyebabkan erosi email.
  • Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C melalui suplemen makanan dalam bentuk tablet, kapsul, bubuk atau cairan. Dosis dewasa vitamin C adalah 250mg hingga 500mg dua kali sehari dengan makanan.
  • Catatan: Overdosis suplemen vitamin C ditandai dengan sakit perut.

5. Menggunakan Air Garam

Garam memiliki banyak manfaat kesehatan. Bilas air garam sederhana dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan yang terkait dengan penyakit gusi. Air garam yang hangat dapat membantu mengeluarkan cairan di gusi yang meredakan gejala.

Air garam bilas adalah cara yang bagus untuk membunuh bakteri berbahaya dan membuat lingkungan mulut layak untuk flora yang bertanggung jawab untuk kesehatan mulut. Untuk membuat air garam bilas, gunakan garam laut kasar untuk manfaat maksimal, meskipun Anda dapat menggunakan garam meja dalam keadaan darurat.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang 5

Langkah 1. Tambahkan garam ke air hangat
  • Tambahkan 2 sendok teh garam laut kasar ke secangkir air hangat.

Langkah 2. Aduk dan gunakan bilas oral untuk mengobati penyakit gusi
  • Aduk rata untuk melarutkan garam ke dalam air hangat.
  • Gunakan seluruh solusi sebagai obat kumur. Kocok di sekitar mulut di atas gusi untuk mengurangi pembengkakan sebelum meludahkannya.

Ulangi proses ini setidaknya tiga kali sehari, terutama sebelum tidur selama 3 atau 4 minggu untuk mengobati penyakit gusi. Pembengkakan harus turun dalam beberapa hari.

6. Menggunakan Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili bisa sangat bermanfaat jika Anda berurusan dengan rasa sakit yang luar biasa pada gusi yang meradang. Ini membuat mati rasa gusi Anda sehingga Anda tidak merasakan sakitnya gusi bengkak lagi. Juga disarankan untuk mengobati sakit gigi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang 6

  • Celupkan bola kapas steril ke dalam beberapa ekstrak vanili murni dan letakkan kapas yang dicelupkan di atas gusi yang terkena selama sekitar 10 menit.
  • Ulangi kegiatan tersebut tiga kali sehari selama beberapa minggu untuk mengobati sakit gusi.

Tips Tambahan Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang
  • Jika Anda menggunakan minyak kelapa untuk menarik minyak, ludahkan minyak di tempat sampah. Jangan meludahkan minyak kelapa di wastafel karena dapat menyumbat saluran air.
  • Mengunyah bawang putih mentah mungkin berguna dalam mengatasi penyakit gusi.
  • Asupan kalsium dan vitamin D melalui makanan, paparan sinar matahari yang terkontrol, atau suplemen makanan dapat meningkatkan kesehatan mulut selama perawatan penyakit gusi.

Oke, Demikianlah artikel kali ini tentang Kesehatan yang berjudul 6 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel