5 Alasan Dasar Pentingnya Kecepatan Website Untuk Bisnis Online dan Tips Mempercepat Kecepatan Website

Blog Ucon - Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Wr Wb. Bagaimana kabar kalian semua sobat? Semoga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT. Amin. Pada artikel kali ini saya ingin memberikan opini saya terhadap “Pentingnya Kecepatan Website untuk Sukses Online”.


Di era modern seperti sekarang Bisnis Online semakin banyak dan semakin menjamur setiap harinya. Hal ini tidak lepas dari semakin majunya teknologi terutama dibidang Internet.

Tidak bisa kita pungkiri, bahwa Website saat ini menjadi konsumsi sehari - hari umat manusia di dunia. Banyak yang membuka Website untuk keperluan masing - masing, baik itu untuk mencari informasi, membeli sebuah produk / barang dan masih banyak lagi yang lainnya.

5 Alasan Dasar Pentingnya Kecepatan Website Untuk Bisnis Online

Jika kamu memiliki sebuah Bisnis Online tentunya kamu perlu memiliki sebuah Website, agar target pasar kamu semakin luas. Lalu, apa pentingnya sih kecepatan website kamu untuk membantu kesuksesan bisnis online kamu tersebut?. Berikut 5 alasannya, Oh iya baca sampai habis ya sobat, karena ada tips mempercepat website agar sukses berbisnis online:

1. Kecepatan Website adalah Kesan Pertama yang kamu buat Terhadap Pelanggan


Dalam sebuah Bisnis Online, kesan pertama sangatlah penting. Mengapa demikian?

Jika kamu diposisikan sebagai pembeli dan ingin membeli suatu produk secara online, kemudian kamu membuka suatu Website dan Website tersebut untuk mau terbuka saja lama, padahal koneksi internet kamu saat itu lancar.

Pertanyaannya, Apa yang kamu rasakan saat itu?

Jengkel? Kesal? Atau apa?

Yap, tentunya sangat menjengkelkan jika ada Website yang memiliki loading yang sangat lambat. Terlebih lagi Website tersebut adalah Website jual beli, tentunya itu akan memberi Kesan Pertama yang buruk terhadap pelanggan / pembeli.

Website yang lambat akan memberikan fikiran negatif kepada pelanggan seperti tidak aman, tidak dapat dipercaya atau yang lainnya.

Taukah kamu? Jika Kesan Pertama pelanggan terhadap Website itu buruk akan susah untuk pelanggan tersebut percaya kepada Website kamu.

Lain halnya jika Website Bisnis Online kamu terbuka dengan cepat tanpa waktu lama, tentunya akan memberi Kesan Pertama yang baik terhadap pelanggan.

Belum lagi Website kamu akan dipandang sebagai Website profesional dan diberi kepercayaan lebih oleh pelanggan tersebut.

Kemungkinan besar pelanggan tersebut akan senang dan berpeluang besar menjadi pelanggan setia.

2. Pengalaman Pengguna (User experience)


Pada dasarnya sebuah Website harus memberikan pengalaman yang baik terhadap pengunjungya, begitu juga dengan Website Bisnis Online. Ada dua faktor penting untuk menciptakan User Experience yang baik dan positif:
  1. Berikan apa yang dicari pengunjung
  2. Berikan dengan cepat apa yang dicari pengunjung
Itu sebab pentingnya kecepatan Website untuk Bisnis Online dalam hal User Experience. Berikan pelanggan sesuatu yang ia cari kemudian berikan dengan cepat.

Jangan sampai membuat User Experience buruk atau negatif, karena akan sulit untuk membuat pelanggan tersebut percaya terhadap Website tersebut.

3. Website yang Lambat bisa Merugikan Bisnis Online Kamu


Disini saya akan memberikan sebuah penelitian dari Website dari luar negeri.

"40% orang akan meninggalkan Website kamu, jika Website kamu tersebut dimuat selama lebih dari 3 detik".

Sekarang, katakanlah 100.000 orang mengunjungi situs kamu setiap bulan. Jika Website kamu dimuat selama 4 detik, Besar kemungkinan kamu akan kehilangan 40.000 pelanggan.

Jika suatu Website memiliki kecepatan loading yang lambat tentunya itu akan mendorong pengunjung untuk mencari Website lainnya. Maka, jika kamu memiliki Website Bisnis Online tentunya itu akan membuat penjualan kamu menurun.

Website besar Amazon melakukan sebuag tes, dimana dalam tes tersebut menunjukan bahwa mereka kehilangan $1,6 M setiap tahunnya jika Website mereka melambat 1 detik saja.
 
Kita ketahui bersama bahwa Amazon adalah perusahaan yang besar dan sudah terkenal didunia. Jika banyak pelanggannya yang tidak mau menunggu hanya satu detik saja.

Satu detik dalam kecepatan website itu sangatlah penting terutama Website Bisnis Online. Maka sangat disarankan untuk kamu terus memantau dan memikirkan ulang bagaimana dengan kecepatan Website yang kamu miliki.

4. Peningkatan Peringkat Pencarian


Saat ini Google telah memperhitungkan Kecepatan sebuah Website untuk menentukan Peringkat di pencarian Google. Kita ketahui bersama bahwa Website dengan kecepatan tinggi adalah salah satu cara untuk membantu pelanggan menemukan apa yang ia cari.

Tentunya mempunyai Peringkat di Pencarian Google yang tinggi juga akan membantu Website tersebut mendapatkan banyak pengunjung. Jika kita ambil Website Bisnis Online, maka itu akan mendatangkan banyak pelanggan atau pembeli.

5. Pelanggan Senang & Hasil Penjualan Tinggi


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, pelanggan sangat benci jika harus menunggu suatu Website terbuka. Bahkan jika kelambatan sebuah Website lebih dari 4 detik pun maka akan banyak sekali kehilangan pelanggan.

Dengan membuat Website Bisnis Online yang menarik secara tampilan dan juga mengoptimalkan kecepatan Website itu, akan membuat pelanggan senang dan tentunya hasil penjualan pun meninggkat.

Tips Dasar Mempercepat Kecepatan Website


Nah, kali ini saya akan meberikan beberapa Tips untuk mempercepat kecepatan sebuah Website yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Berikut Tips - Tipsnya:

1. Gunakan Plugin Yang Perlu Saja

Pertama, untuk meningkatkan kecepatan sebuah Website maka kamu harus menggunakan Plugin yang perlu - perlu saja. Faktanya, kebanyakan menggunakan Plugin mengakibatkan Kecepatan Website semakin lambat.

Dalam sebuah studi kasus tentang dampak penggunaan Plugin terhadap kecepatan Website, Menghasilkan bahwa menggunakan Plugin yang seperlunya saja dapat mengurangi waktu loading Website tersebut. Awalnya Website tersebut memuat sampai 4 detik kemudian berubah menjadi 1,5 detik.

Lalu, studi kasus itu mengungkapkan fakta bahwa memasang dan menggunakan Plugin yang berlebihan dapat memperlambat kecepatan Website hingga 87 %. Maka disini saya sarankan untuk menggunakan Plugin yang diperlukan saja.

2. Optimasi Gambar

Apabila kamu mempunyai sebuah Website yang memiliki banyak gambar dan memiliki ukuran 1 hingga 2 MB atau lebih, saya yakin dan percaya bahwa itu adalah salah satu alasan mengapa Kecepatan Website kamu menjadi lambat.

Ada beberapa Tools yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi gambar secara keseluruhan dan juga meningkatkan kualitas gambar tersebut setelah di optimasi.

Berikut adalah Plugin yang bisa kamu gunakan:
  • WP Smush.
  • EWWW Image Optimizer.
  • ShortPixel.
  • Optimus.
  • WP Compress.

3. Gunakan Theme Yang Ringan

Theme yang ringan sangat penting untuk meningkatkan kecepatan sebuah Website. 

Bagaimana tidak? Saya pernah mencoba 2 Theme berbeda di Website yang sama, Theme pertama yang saya gunakan memuat hingga 4 detik dan ketika saya mengganti Theme yang kedua langsung turun hingga 2 detik saja.

Maka dari itu ada baiknya kamu pintar - pintar memilih Theme yang ringan, cepat dan juga original tentunya. Jadi sangat penting menentukan sebuah Theme untuk Website kamu.

4. Gunakan Hosting Berkualitas

Jika Tips dasar mempercepat kecepatan Website di atas tidak ada hasil, mungkin ada masalah di Hosting yang kamu gunakan. Menurut saya sangat penting untuk pintar - pintar memilih Hosting yang berkualitas.

Sebelum kamu membangun sebuah Website, jangan sampai kamu salah pilih penyedia Hosting untuk Website kamu. Karena di Hosting itulah salah satu yang menentukan kemajuan Website kamu dimasa yang akan datang.

Saya sarankan untuk menggunakan Hosting Terbaik di Indonesia, jangan sampai kamu menyesal karena salah pilih penyedia Hosting.

Namun, jika kamu mempunyai dana yang minim untuk membangun sebuah Website, kamu bisa menggunakan Hosting Murah tapi tetap harus yang berkualitas.

Oke, Demikianlah artikel saya kali ini mengenai "Pentingnya Kecepatan Website untuk Sukses Online”. Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua ya sob. Terimakasih sudah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel