8 Trend Digital Marketing Zaman Now di Tahun 2019

Blog Ucon | 10 Trend Digital Marketing Dunia 2019. Taukah kamu? Bahwa Digital Marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang paling banyak digunakan hingga saat ini dan terus menerus berkembang. Trend Digital Marketing ini ada karena teknologi Internet yang semakin hari maju. Bisa kita lihat dan rasakan bahwa Trend Digital Marketing dunia maupun nasional terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.

8 Trend Digital Marketing 2019

8 Trend Digital Marketing Zaman Now di Tahun 2019

Di artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 8 Trend Digital Marketing 2019 yang bersumber dari beberapa sumber terpercaya di Internet. Berikut ke delapan Trend Digital Marketing tersebut:

1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan digadang gadang akan menjadi Trend di tahun 2019 khusus nya di dunia Digital Marketing. Mengapa demikian? Karena dengan AI ini memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaan, termasuk dalah hal Digital Marketing ini.

AI dapat menganalisis perilaku konsumen dan pola pencarian, memanfaatkan data dari platform media sosial dan posting blog untuk membantu bisnis memahami bagaimana pengguna dan pelanggan menemukan produk dan layanan mereka. Misalnya, bot messenger Facebook dapat membantu kamu membalas pesan dari pelanggan secara otomatis.

Kecerdasan buatan juga menawarkan informasi dan tips kepada pelanggan dan menawarkan rekomendasi - rekomendasi berdasarkan produk yang sering dilihat. Bisnis yang mengadopsi AI pada tahun 2019 akan dapat menghemat biaya dan mempercepat pertumbuhan, mendapatkan keunggulan dibandingkan para pesaing.

2. Chatbot

Chatbot

Chatbot akan terus menjadi bagian penting dari Digital Marketing di tahun 2019. Teknologi berbasis AI ini menggunakan pesan instan untuk mengobrol secara real time, siang atau malam hari, dengan pelanggan atau pengunjung situs kamu. 

Taukah kamu? Banyak pelanggan lebih suka berinteraksi dengan chatbots karena mereka responsif, memberikan jawaban cepat.

Asisten virtual ini menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa, memenuhi harapan pelanggan dan mengotomatiskan tugas yang berulang yang berarti kamu dapat fokus pada pekerjaan yang lebih penting. 

Misalnya, seorang pelanggan menggunakan vitur chat untuk menanyakan produk yang ingin ia beli, kemudia dengan cepat chatbot membalasnya dengan jawaban yang akurat tentang produk tersebut.

3. Video Marketing

Video Marketing

Video Marketing masuk menjadi salah satu Trend Digital Marketing 2019. Mengapa demikian? Karena saat ini kebanyakan manusia atau pelanggan lebih senang menonton dibandingkan membaca suatu promosi produk. Tidak bisa kita pungkiri bahwa itu benar adanya.

Kita ketahui bahwa Video Marketing sudah ada lama di Youtube. Namun bukan hanya di YouTube saja, kamu juga bisa melakukan Video Marketing melalui Facebook dan Instagram dengan cara siaran langsung.

Hingga saat ini Video Marketing berbasis Live Video semakin populer, dilihat dari besarnya bisnis yang menggunakan Live Video untuk wawancara, demo produk dan kehidupan di kantor, bagaimana produk dibuat, dll.

Dengan biaya peralatan membuat video yang murah dan kamera smartphone yang semakin berkualitas tinggi, bisnis dan pemasar lebih memilih Video Marketing daripada panggilan telepon atau email, yang disebut pendekatan individu.

4. Accelerated Mobile Pages (AMP)


Mesin pencari mengarahkan sejumlah besar lalu lintas, terutama di Google. Dan sekitar 60% lalu lintas pencarian di Google berasal dari perangkat seluler. Saat waktu muat situs web meningkat, rasio pentalannya meningkat yang secara negatif dapat menyebabkan peringkat Google lebih rendah.

Kebutuhan akan kecepatan ini mengarah pada proyek Accelerated Mobile Pages (AMP) yang diprakarsai oleh Google. Laman AMP dimuat dalam waktu kurang dari 0,5 detik sehingga menghasilkan rasio pentalan yang lebih rendah untuk laman web.

AMP memungkinkan situs web kamu untuk merender dengan cepat dan dapat meningkatkan peringkat situs web kamu pada pencarian Google. Namun suatu Website Berkualitas tidak lepas dari Hosting yang Website tersebut gunakan. Saya ingin merekomendasikan Hosting Terbaik di Indonesia yaitu Niagahoster.

Kita ambil contoh jika seorang pelanggan ingin membeli suatu produk, lalu ia mencarinya di Google, kemudian Website kamu yang dibuka sudah support AMP. Sehingga pelanggan tersebut tidak akan menunggu waktu lama untuk menunggu Website kamu terbuka sepenuhnya. Jadi rasio untuk pelanggan tersebut membeli produk di Website tersebut sangat besar.

5. Email Marketing

Email Marketing

Email telah menjadi alat marketing yang populer sejak lama, tetapi email 15 tahun yang lalu berbeda dari yang sekarang. Sekarang, suatu bisnis dapat mengirim email berbeda ke pelanggan tertarget berdasarkan minat. Personalisasi membuat email lebih efektif. Namun, personalisasi tidak hanya berlaku untuk email-itu berlaku untuk semua upaya pemasaran yang kamu lakukan.

Untuk meningkatkan komunikasi email, mulailah menggunakan kembali Email Marketing sebagai alat pemeliharaan dan keterlibatan pelanggan. Gunakan itu untuk mendorong pembelajaran dan perilaku yang paling erat terkait dengan pembeli besar di basis data.

6. Voice Search

Voice Search

Dengan peningkatan dalam pengenalan suara, Voice Search menjadi semakin populer. Smart speakers dapat digunakan untuk memesan barang dan mengontrol smart devices di rumah hanya melalui perintah suara.

Voice Search Lebih mudah dan aman bagi orang yang sedang bepergian untuk berbicara dengan telepon mereka daripada mengetik. Dengan perintah suara, kamu masih bisa mengetik sambil berjalan tanpa merusak langkah kamu.

Voice Search lebih cepat, Kita ketahui bahwa Orang dapat berbicara lebih cepat dari pada mengetik, yang berarti mereka akan lebih cepat menemukan suatu yang dibutuhkan dengan Voice Search tersebut.

7. Virtual Reality

Virtual Reality

Seberapa kuat pemasaran kamu jika prospek kamu dapat menguji produk kamu sekarang sebelum menjualnya? kamu dapat menghilangkan sebagian besar risiko ketika mereka memutuskan untuk membeli produk kamu jual untuk pertama kalinya.

Menggunakan Virtual Reality untuk merilis produk kamu memastikan bahwa tidak ada risiko pada bagian prospek kamu dan menunjukkan bahwa produk kamu unggul dalam hal kualitas.

Virtual Reality menciptakan lingkungan yang benar-benar baru yang dapat dialami seseorang dan selain menggunakannya dalam game dan untuk bisnis bisa juga digunakan untuk Digital Marketing.

8. Influencer Marketing

Influencer Marketing

Taukah kamu? Semenjak kemunculan Instagram, Influencer Marketing menjadi salah satu teknik penjualan di era modern ini. Banyak artis - artis ataupun selebgram yang menjadi Influencer marketing yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk.

Tentu produk yang dipromosikan harus sesuai dengan target pasar dan biasanya itu tergantung followers dari Influencer tersebut. Hingga saat ini teknik Influencer Marketing ini semakin hari semakin berkembang terutama di Instagram yang biasa di sebut dengan endorse.

Biasanya besar jumlah yang harus di bayar pemilik produk kepada Influencer tergantung jumlah followers Influencer tersebut. Tidak sedikit pula Influencer yang mulai memasarkan produknya sendiri dengan teknik Influencer Marketing, tentunya memanfaatkan kepopuleran.

Penutup

Di atas merupakan ke delapan Trend Digital Marketing Zaman Now, semoga bisa menjadi referensi kamu ketika kamu bingun memilih teknik Digital Marketing untuk penjualan. Atau sudahkah kamu menggunakan salah satu Digital Marketing di atas? Atau kamu mempunyai teknik Digital Marketing lain? Coba tulis di komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel