Apa Itu HDCP (High-bandwidth Digital Content Protection)

Blog Ucon | Apa Itu HDCP / Pengertian HDCP / Kepanjangan HDCP. HDCP (kependekan dari High-bandwidth Digital Content Protection) adalah fitur keamanan, dibangun langsung ke kabel HDMI Anda. Produk bersertifikasi HDCP diperlukan untuk menerima sinyal digital terenkripsi HDCP.

Apa Itu HDCP, Pengertian HDCP,  Kepanjangan HDCP, HDCP Adalah

HDCP mengenkripsi sinyal digital dengan kunci tertentu yang kemudian memerlukan otentikasi oleh penerima dan pemancar. Jika otentikasi gagal, maka begitu pula sinyalnya.

Meskipun mungkin tampak seperti fitur yang luar biasa, HDCP kadang-kadang dapat merusak dan menyebabkan beberapa masalah yang akan mencegah Anda menikmati pengalaman menonton Anda.

Apa Itu HDCP / Pengertian HDCP / Kepanjangan HDCP

Sederhananya, HDCP adalah bentuk DRM. Jika Anda tidak tahu apa itu DRM, itu singkatan dari Digital Rights Management, dan itu adalah sesuatu yang mencegah pembajakan, melindungi pembuat konten. DRM memastikan bahwa hanya orang yang membeli media yang dapat mengkonsumsinya.

Bertahun-tahun yang lalu, Anda bisa menonton kaset VHS sambil secara bersamaan merekam kontennya ke rekaman baru. Anda meletakkan kaset di VCR, dan sinyal dari VCR itu akan dimasukkan ke VCR lain, dengan pita kosong di dalamnya yang akan merekam kaset pertama, dan hanya setelah itu sinyal akan dikirim ke TV Anda, membiarkan Anda menonton dan merekam pada saat bersamaan.

HDCP mencegah hal-hal semacam ini melalui HDMI. Anda tidak dapat mengalirkan konten dan merekamnya pada saat yang bersamaan, tanpa peralatan khusus yang memungkinkan Anda untuk memotong encoding HDCP.

HDCP dibuat oleh anak perusahaan Intel, Digital Content Protection LLC, dan dijelaskan oleh penciptanya sebagai cara melindungi media digital bernilai tinggi dari akses yang tidak sah.

Untuk melakukan streaming media HDCP, Anda memerlukan perangkat keras yang kompatibel dengan HDCP, yang biasanya merupakan perangkat keras standar yang Anda temukan di toko mana pun. HDCP hadir di hampir setiap perangkat media yang dapat Anda pikirkan, seperti pemutar Blu-ray, kotak kabel, perangkat streaming video, seperti Chromecast atau Roku, dan bahkan di laptop dan perangkat lain yang kompatibel dengan HDMI.

Versi HDCP terbaru adalah HDCP 2.3 dan dirilis pada bulan Februari 2018, namun HDCP kompatibel di berbagai versi protokol.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel