Pengertian MySQL Menurut Para Ahli & Fungsinya Lengkap

Blog Ucon | Pengertian MySQL Menurut Para Ahli & Fungsinya Lengkap. Hallo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang Pemrograman. Yap, sesuai dengan judul nya saya akan memberikan informasi mengenai Apa Itu MySQL? atau Pengertian MySQL. Mungkin itu menjadi pertanyaan buat kamu untuk saat ini. Oke kita bahas bersama - sama.


Pengertian MySQL Menurut Para Ahli & Fungsinya Lengkap

MySQL adalah sistem manajemen database relasional open source yang didukung Oracle (RDBMS) berdasarkan Structured Query Language (SQL). MySQL berjalan di hampir semua platform, termasuk Linux, UNIX dan Windows. Meskipun dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, MySQL paling sering dikaitkan dengan aplikasi web dan penerbitan online.

MySQL adalah komponen penting dari tumpukan perusahaan sumber terbuka yang disebut LAMP. LAMP adalah platform pengembangan web yang menggunakan Linux sebagai sistem operasinya, Apache sebagai server web, MySQL sebagai sistem manajemen basis data relasional dan PHP sebagai bahasa scripting berorientasi objek. (Terkadang Perl atau Python digunakan sebagai ganti PHP.)

Awalnya disusun oleh perusahaan Swedia MySQL AB, MySQL diakuisisi oleh Sun Microsystems pada 2008 dan kemudian oleh Oracle ketika membeli Sun pada 2010. Pengembang dapat menggunakan MySQL di bawah GNU General Public License (GPL), tetapi perusahaan harus mendapatkan lisensi komersial dari Peramal.

Saat ini, MySQL adalah RDBMS di belakang banyak situs web teratas di dunia dan banyak aplikasi berbasis web yang dihadapi oleh perusahaan dan konsumen, termasuk Facebook, Twitter, dan YouTube.

Cara Kerja MySQL

MySQL didasarkan pada model client-server. Inti dari MySQL adalah server MySQL, yang menangani semua instruksi (atau perintah) basis data. Server MySQL tersedia sebagai program terpisah untuk digunakan dalam lingkungan jaringan klien-server dan sebagai perpustakaan yang dapat disematkan (atau ditautkan) ke dalam aplikasi terpisah.

MySQL beroperasi bersama dengan beberapa program utilitas yang mendukung administrasi database MySQL. Perintah dikirim ke MySQLServer melalui klien MySQL, yang diinstal pada komputer.

MySQL pada awalnya dikembangkan untuk menangani basis data besar dengan cepat. Meskipun MySQL biasanya diinstal pada satu mesin saja, ia dapat mengirim database ke beberapa lokasi, karena pengguna dapat mengaksesnya melalui antarmuka klien MySQL yang berbeda. Antarmuka ini mengirimkan pernyataan SQL ke server dan kemudian menampilkan hasilnya.

Fitur inti MySQL

MySQL memungkinkan data disimpan dan diakses di beberapa mesin penyimpanan, termasuk InnoDB, CSV, dan NDB. MySQL juga mampu mereplikasi data dan tabel partisi untuk kinerja dan daya tahan yang lebih baik. Pengguna MySQL tidak diharuskan mempelajari perintah baru; mereka dapat mengakses data mereka menggunakan perintah SQL standar.

MySQL ditulis dalam C dan C ++ dan dapat diakses dan tersedia di lebih dari 20 platform, termasuk Mac, Windows, Linux dan Unix. RDBMS mendukung basis data besar dengan jutaan catatan dan mendukung banyak tipe data termasuk bilangan bulat bertanda 1 atau 2, 3, 4, dan 8 byte; FLOAT; DOUBLE; CHAR; VARCHAR; BINARY; VARBINARY; TEXT; BLOB; DATE; TIME; DATETIME; TIMESTAMP; YEAR; SET; ENUM; dan tipe spasial OpenGIS. Tipe string dengan panjang tetap dan variabel juga didukung.

Untuk keamanan, MySQL menggunakan hak akses dan sistem kata sandi terenkripsi yang memungkinkan verifikasi berbasis host. Klien MySQL dapat terhubung ke MySQL Server menggunakan beberapa protokol, termasuk soket TCP / IP pada platform apa pun. MySQL juga mendukung sejumlah program klien dan utilitas, program baris perintah, dan alat administrasi seperti MySQL Workbench.

Fungsi MySQL

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional berdasarkan SQL - Structured Query Language. Aplikasi ini digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk penyimpanan data, e-commerce, dan aplikasi logging.

Namun, penggunaan paling umum untuk mySQL adalah untuk tujuan database web. Ini dapat digunakan untuk menyimpan apa pun dari satu catatan informasi hingga seluruh inventaris produk yang tersedia untuk toko online.

Dalam kaitannya dengan bahasa scripting seperti PHP atau Perl (keduanya ditawarkan di akun hosting kami), adalah mungkin untuk membuat situs web yang akan berinteraksi secara real-time dengan database mySQL untuk dengan cepat menampilkan informasi yang dikategorikan dan dicari oleh pengguna situs web.

Ok, Demikianlah artikel kali ini mengenai Pengertian MySQL Menurut Para Ahli & Fungsinya Lengkap. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel