Perbedaan XAMPP dan WAMP, Mana Yang Lebih Baik?

Blog Ucon | Perbedaan XAMPP dan WAMP. Cukup kembali mengambil langkah memilih WAMP atau XAMPP server lokal mana yang terbaik untuk bekerja dengan WordPress. Tetap tenang dan tenang, kami di sini untuk membantu Anda. Cukup baca artikel ini untuk mengetahui perbedaan antara WAMP dan XAMPP dan pilih sesuai kebutuhan Anda. Dengan menggunakan server lokal ini, pengembang dapat menguji situs web mereka sebelum membuatnya hidup.

Perbedaan XAMPP dan WAMP, Mana Yang Lebih Baik?

1. XAMPP

XAMPP - Perbedaan XAMPP dan WAMP

Kata XAMPP adalah singkatan dari Cross-platform, Apache, MariaDB (MySQL), PHP, dan Perl. Ini adalah platform open source gratis. Perangkat lunak ini berfungsi dalam lintas-platform seperti windows, linux, Mac dll. Apache adalah server web yang membantu membawa konten Anda melalui internet.

Kemudian MariaDB adalah database yang digunakan untuk menyimpan konten Anda, itu adalah versi terbaru dari MySQL. Kemudian PHP dan Perl adalah bahasa scripting, di mana PHP adalah bahasa scripting sisi server dan Perl digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. XAMPP dianggap sebagai salah satu server lokal yang ringan dan sangat mudah diatur dan digunakan.

Server lokal ini mencakup fitur-fitur seperti Filezilla, surat merkuri, mendukung Perl, dan banyak lagi. Dengan bantuan server ini, Anda dapat dengan mudah melakukan pengujian tanpa masalah. Karena ini open source, siapa pun dapat mengunduhnya di sistem mereka dan mulai bekerja.

Dengan XAMPP Anda dapat menguji situs web Anda berapa kali Anda inginkan sebelum membuatnya hidup. Tampaknya seperti alat penting bagi pengembang web WordPress untuk mengembangkan dan menguji situs web mereka sebelum membuatnya hidup.

2. WAMP


Kata WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP. WAMP hanya akan berfungsi di sistem Windows. Keuntungan terbaik menggunakan WAMP adalah konfigurasi yang diset sangat mudah. Elemen kunci yang mewakili WAMP adalah Sistem Operasi, server web, basis data, dan bahasa pemrograman.

Perangkat lunak ini bekerja di sistem operasi windows, kemudian server web Apache yang berjalan di windows, database MySQL digunakan untuk menyimpan konten situs web Anda, dan proses untuk menghubungkan semua ini menggunakan bahasa scripting PHP. Paket ini disebut server tumpukan.

Muncul dengan paket gabungan. Anda cukup menginstalnya di drive Anda, memulai dengan layanan yang diperlukan. Server lokal ini sangat berguna bagi pengembang web untuk mengembangkan dan menguji situs web mereka, sebelum membuatnya hidup. Tampaknya alat yang luar biasa untuk pengembang WordPress. Kapan saja mereka dapat mulai bekerja dengannya bahkan dalam offline.

3. WAMP Vs XAMPP

  • WAMP hanya berfungsi di sistem operasi Windows, sedangkan XAMPP adalah cross-platform, ia bekerja di Windows, Linux, Mac dll.
  • Konfigurasi dan pengaturan XAMPP sangat mudah dibandingkan dengan WAMP
  • WAMP hanya menyediakan dukungan untuk MySQL dan PHP, sedangkan XAMPP menyediakan dukungan untuk MySQL, PHP dan Perl
  • Anda dapat memulai proses dengan mudah di XAMPP tetapi cukup mengklik tombol start, sedangkan di WAMP tidak ada tombol seperti itu
  • Di XAMPP Anda dapat menambahkan fitur tambahan seperti perl, surat merkuri, file server, dan banyak lagi, sedangkan di WAMP Anda tidak dapat menambahkan fitur tambahan apa pun
  • XAMPP sederhana dan ringan dibandingkan dengan WAMP

4. Kesimpulan

Baik XAMPP dan WAMP adalah server lokal yang baik, masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Kedua server lokal ini memainkan alat penting bagi pengembang web untuk menguji situs web mereka secara lokal. Sesuai saran kami, jika Anda menggunakan OS windows, dan hanya ingin bekerja dengan bahasa PHP, maka itu adalah pilihan yang baik menggunakan WAMP untuk pemula.

Tetapi XAMPP adalah pilihan terbaik untuk pengembang kelas atas jika mereka ingin menambahkan fitur tambahan, menggunakan bahasa multi-scripting, dan menyajikan situs web unik ke dunia luar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel